profil gesang

Written By ozy on Senin, 25 Juni 2012 | 22.42

gesangSelamat siang semuanya... setelah sebelumnya saya hadirkan panggung dangdut koplo di jogja kini anda akan saya ajak sedikit bergeser ke timur jogja yaitu solo. Di sini saya akan ajak anda sedikit mengenal salahsatu maestor kroncong indonesia yaitu Alm gesang. Kenapa saya hadirkan beliau karena ketika kita ngomongin musik asli indonesia rasanya kita wajib menyebutkan kroncong sebagai salahsatunya. Dan ngomongin kroncong rasanya nama pertama yang wajib di sebut adalah Alm gesang.

Gesang Martohartono atau populer dngan nama gesang lahir di Surakarta, Jawa Tengah, 1 Oktober 1917. Pada mulanya gesang bbukanlah seorang pencipta lagu, beliau hanya seorang penyanyi lagu-lagu kroncong untuk acara-acara kecil di kota solo tetapi lama-kelamaan beliau ternyata juga mahir dalam menciptakan lagu dan lagu yang paling populer dan berhasil membuat beliau go internasional adalah bengawan solo.

Kepopuleran lagu bengawan solo ini merambah hingga ke jepang dan ini membuat nama gesang juga populer disana. Selain itu Lagu bengawan solo mungkin adalah satu-satunya lagu asli indonesia yang sudah di terjemahkan kedalam 13 bahasa. Bahkan oleh pemerintah jepang pada tahun 1983 gesang di berikan sebuah penghargaan berupa taman gesang yang berada di area wisata taman curug solo. Penghargaan ini diberikan atas jasa beliau melestarikan musik kroncong hinnga musik kroncong masih kita kenal sampai saat ini.

Selain lagu bengawan solo, sebenarnya lagu-lagu ciptaan gesang sangatlah banyak dan hingga kini masih sering di bawakan oleh para penyanyi kroncong. Diantara lagu-lagu gesang adalah Jembatan Merah, Caping Gunung, Ali-ali, Andheng-andheng, Luntur dan lagu pamitan yang dalam versi bahasa indonesia dibawakan oleh broery pesulima. Bahkan lagu bondan prakoso yang berjudul kroncong protolsecara tidak langsung karena terinspirasi oleh sosok gesang.

Pada tanggal 20 mei 2010 tepat di usia yang ke 92 tahun gesang berpulang ke haribaan sang pencipta, tepat di hari itu indonesia berduka. Bukan hanya kehilangan sosok maestro kroncong tetapi juga indonesia sangat kehilangan sosok maestro yang sangat santun dan bersahaja. Semoga semua amal beliau diterima dan belia mendapat tempat yang baik disana, amin.

0 komentar: